Core I – Series Sandybridge. yuk kita kupas

is

Intel Core I-series with Sandybridge telah banyak beredar dan tentunya sudah banyak pula yang telah masuk ke dapur lab service kami hingga sangat mendominasi saat ini.

Perlu diketahui temen2 pengguna laptop Generasi ini bahwa GPU juga tertanam pada CPU procesornya. sehingga sering juga ditemukan Procesornya mati, padahal hal ini sangat jarang ditemukan pada versi sebelumnya yakni Core 2 duo ke bawah.

Generasi Procesor Intel Core I-series saat ini dikenal dengan Sandybridge. Sandybridge sendiri adalah codename untuk procesor generasi terbaru intel saat ini.Nama resmi untuk Sandy Bridge ini adalah pada prosesor Intel Core generasi kedua. Generasi pertama Intel Core adalah Core i3, i5 dan i7 yang sudah lama berada di pasaran.

Untuk komputer desktop, Intel meluncurkan beberapa seri prosesor, seperti Core i7-2600, Core i5-2500, i5-2400, i5-2300 dan Core i3-2100. Sementara untuk notebook, tersedia Core i7-2900, i7-2800, i7-2700, i7-2600, i7-2500, i5-2400, i3-2300. Tiap-tiap seri tersebut mempunyai beberapa varian (K, S, dan T untuk desktop, XM, QM, dan M untuk mobile) dan angka tambahan (contohnya, Core i7-2600 yang terbagi menjadi i7-2635QM, i7-2630QM, i7-2649M, i7-2629M, i7-2657M, dan i7-2617M)

Keunggulan jika dibandingkan Generasi Intel I series sebelumnya :

1. Kinerja yang mumpuni
Secara umum, kinerja yang ditawarkan Sandy Bridge bisa mencapai 20 hingga 60 % lebih cepat dibandingkan dengan prosesor sebanding dari generasi pendahulunya. Secara keseluruhan, Intel Core i7-2600K menawarkan kinerja sebanding dengan Core i7-980X, prosesor desktop tercepat dari Intel dengan enam core yang ditujukan untuk kalangan pengguna enthusiast/workstation profesional.selain itu daya yang dibutuhkan juga lebih hemat 50 watt

2. Graphics Chip di dalam Prosesor
Perbedaan utama yang paling kentara antara prosesor generasi kedua Intel Core dengan versi pertama adalah graphics chip yang kini terintegrasi di dalam prosesor. Generasi sebelumnya menempatkan graphics chip di modul yang sama dengan prosesor, tetapi secara fisik keduanya tetap terpisah. Selain itu, Anda membutuhkan graphics card tambahan terpisah untuk prosesor quad core. Dengan Sandy Bridge, Anda tetap dapat menggunakan graphics card terintegrasi, bahkan dengan prosesor quad core sekalipun.Graphics chip ini juga sudah mendukung akselerasi hardware untuk beberapa codec populer seperti H.264, VC1 dan MPEG4-ASP (DivX dan XviD), baik untuk ukuran standar (standard definition) maupun besar (high definition). Artinya, prosesor bisa memasuki mode hemat daya saat Anda menonton video dengan codec di atas, termasuk video yang tersedia di website seperti YouTube.

Kinerja yang ditawarkan juga sangat baik, jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Bisa dikatakan, kinerja dan kompatibilitas yang ditawarkan Intel HD 3000 dan HD 2000 setara dengan graphics card terintegrasi seperti AMD Radeon HD 3300 integrated maupun NVIDIA ION

3.Quick Sync

Feature yang paling banyak mendapat perhatian dari Sandy Bridge adalah Quick Sync. Ini adalah built in hardware video encoder di dalam die prosesor, tapi tetap terpisah dari core. Kini, Anda tidak perlu membebani prosesor saat melakukan video encoding untuk film-film yang Anda ingin transfer ke iPad, iPod ataupun peralatan lainnya yang dapat memutar video H.264.

Untuk dapat memanfaatkannya, Anda harus memiliki hardware (prosesor Intel Core generasi kedua) dan software yang diperlukan. Saat ini, software yang dapat memanfaatkan feature ini adalah Cyberlink Media Espresso 6 dan Arcsoft’s Media Converter 7.

Kelemahan :

1. Lebih mudah Panas.
Seperti diketahui pada procesor Core I series generasi kedua ini selain multi Core dalam 1 Procesor ditambah lagi Graphic chip di dalamnya sehingga cenderung lebih mudah panas.Jadi pasta procesor lebih cepat kering, sehingga sebaiknya dilakukan pengecekan/penggantian pasta procesor secara berkala, setahun sekali.

2. Beberapa kali nemu Mati
Dengan kinerja yang sangat mumpuni dan lebih hemat daya tentu ada titik lemah yang harus ditanggung yakni overheating dan durabilitasnya. sehingga di dapur kami beberapa kali menjumpai procesor generasi ini mati/rusak akibat overheating.

demikian semoga bermanfaat.

solusilaptop.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>