Solusi Laptop Lambat atau Lemot

166642_1559587869593_1232187196_31247399_5011668_n

Kadangkala terasa menjengkelkan saat laptop kita lemot saat kita pakai bekerja, padahal laptopnya juga bukan laptop jadul yang speknya udah uzur untuk menjalaankan aplikasi masa kini melainkan Laptop dengan spek standar bahkan Multimedia/ gaming series terkini. Nah kali ini solusi laptop .com akan berbagi penyebab serta solusi mulai dari yang paling ringan hingga paling berat.
Penyebab Laptop Jadi Lemot/ lambat adalah :
1. Terkena Virus.
Tidak bisa dipungkiri bahwa di dunia ini ada dunia hitam dan dunia putih begitu juga dengan dunia IT, ada yg mengamankan/ potect/ membuat anti virus komputer, ada juga yang membuat virus komputer. Sehingga jangan lupa pastikan Laptop kita terprotect dengan baik, yaitu dengan cara selalu update anti virus kita. sudah banyak anti virus yang gratis dan cukup mumpuni. untuk protect virus ini saya kira sudah cukup banyak yang tau, mudah tapi tidak boleh diremehkan.

2. Performa atau kesehatan Hardisk Turun, Error, bahkan bad sector
Sebagai teknisi akhir2 ini kami sering menemukan laptop yang umurnya bisa dibilang masih “muda” tapi hardisk sudah lambat loadingnya. kita klik satu folder yang biasanya langsung terbuka, kali ini harus nunggu beberapa detik baru terbuka, inilah gejala performa / kesehatan hardisk sudah turun. Nah jika sudah seperti ini sebaiknya kita cek kesehatan hardisk kita, sudah benyak aplikasi/ software untuk mengecek dan repair kesehatan hardisk, sperti hdd tune, hdd sentinel, hdd regeneraor, easus, dll. jika belum parah biasanya hdd masih bisa direpair, meskipun recomended tetap ganti dan jangan lupa selalu back up data penting kita.

3. Overheating karena sirkulasi cooler tersumbat
seiring waktu laptop kita gunakan di berbagai tempat, di meja, kadang di atas kasur, di atas karpet, di atas bantal, dll tentu debu dan serabut2 kecil bisa tersedot ke sirkulasi udara laptop kita dan lama kelamaan akan menyumbat. jika sudah tersumbat maka pasta procesor serta thermal pad pada procesor dan chipset vga yang berfungsi sebagai penghubung penyerap panas akan kering dan pedinginan laptop tidak sempurna sehingga terjadi overheating. Gejala awalnya ketika kita pakai kondisi dingin laptop kenceng2 aja, tp jika sudah agak lama jadi lemot. jika hal ini dibiarkan maka laptop bisa rusak akibat overheating.
untuk itu sebaiknya kita cek / bersihkan fan dan sirkulasi serta ganti pasta+thermal pad setiap 8-12 bulan sekali.

sekian dulu, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>